Jumat, 03 Mei 2013

Tugas Softskill B. Indonesia 2# Tugas perbaikan ke-2



nama: Eko Prasetyo
npm  : 16209162


METODE ILMIAH
          Metode ilmiah  atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut kemudian diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, maka hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
Penelitian ilmiah berfokus pada metode yang kokoh untuk mengidentifikasi permasalahan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan yang valid. Penelitian ilmiah bersifat lebih obyektif karena tidak berdasarkan pada perasaan, pengalaman dan intuisi peneliti semata yang bersifat subyektif. Penelitian iliah melibatkan theory construction dan theory verification.konstruksi teori yang akan digunakan untuk mengembangkan suatu hipotesis yang relevan dengan struktur teorinya. Selanjutnya dengan menggunakan fakta, maka hipotesis tersebut diuji secara empiris.

Contoh kasus yang berkaitan dengan metode Ilmiah

        Keputusan pembelian adalah proses dimana konsumen akan mempertimbangkan produk apa yang akan di beli. Didalam proses keputusan pembelian itu sendiri ada banyak faktor yang mampu menunjang agar konsumen tertarik terhadap barang yang akan  dibelinya. Faktor-faktor tersebut dapat dilihat segi kualitas produk, harga produk dan tingkat promosi yang dilakukan terhadap produk tersebut. Tujuan diadakan penelitian ini adalah ingin mengetahui besaran faktor yang menentukan tingkat pembelian seorang konsumen terhadap suatu benda/jasa yang akan digunakannya.
       Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Random Sampling yaitu mendapatkan sampel disuatu tempat penjualan produk dengan melakukan wawancara dan pengisian kuesioner. Hal ini memungkinkan jawaban yang bervariasi terhadap hasil sampel nantinya. Jumlah data yang digunakan sebanyak 50 responden yang ditentukan berdasarkan seberapa lama ia menggunakan barang tersebut, seberapa sering ia membeli produk tersebut, hal apa yang membuat ia tertarik untuk membeli produk itu dan apakah ia puas terhadap produk yang dibelinya. Analisis yang digunakan adalah:

1.   Skala Likert
Alat analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ilmiah ini adalah skala likert yaitu jenis skala yang digunakan untuk variabel penelitian seperti sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju
2.   Regresi Linear Berganda
Metode statistik yang digunakan untuk menentukan pengaruh antara satu variabel indipenden yaitu harga, produk dan promosi terhadap dependen yaitu keputusan pembelian
3.   Koefisien Korelasi
Salah satu teknik statistik yang dipergunakan untuk menganalisa dua kejadian dengan menggunakan dua variable yaitu antara variabel independen dan variabel dependen.
4.   Koefisien Determinasi
Menganalisa seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar