Rabu, 18 Juli 2012

BAB I PENELITIAN ILMIAH

NAMA :EKO PRASETYO
NPM    :16209162
KELAS:3EA12
BAB I
PENDAHULUAN.

1.1.Latar Belakang masalah
Perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama dunia usaha pada saat ini. Di samping itubanyaknya usaha yang bermunculan baik perusahaan kecil maupun besar berdampak pada persaingan yang ketat antar perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis.oleh karena itu pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang di lakukan dalam menghadapi persaingan,pengembangan usaha dan untuk mendapatkan laba,sehingga perusahaan dapat mengembangkan produknya, menetapkan harga, mengadakan promosi dan mendistribusikan barang dengan efektif.Pada umumnya perusahaan mengalami kesulitan dalam memonitor, memahami dan menganalisis perilaku konsumen secara tepat dan benar, mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan adanya perbedaan perilaku untuk masing-masing individu.Dengan demikian perusahaan dituntut untuk dapat memantau perubahan-perubahan perilaku konsumennya, termasuk perilaku konsumen untuk mendapatkan atau memilih produk.Produk mie instan sebagaimana diketahui adalah salah satu produk makanan cepat saji yang semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena kemudahan dalam hal penyajiannya.produk ini merupakan makanan cepat saji yang biasa dikonsumsi karena harganya yang terjangkau, mudah didapatkan dan sifatnya yang tahan lama. Dengan semakin banyaknya mie instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merk yang sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu perlu bagi perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen mie instan untuk mengetahui pola pembeliannya. Dengan banyaknya merk mie instan yang ada di pasaran akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen melalui berbagai strategi yang tepat, misalnya mengubah kemasan,warna, aroma, promosi dan harga. Lebih jauh lagi produsen dalam mendistribusikan produknya ke pasar konsumen berusaha agar produknya dapat diterima sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen. Konsumen dalam membeli produk Indomie banyak dipengaruhi oleh selera konsumen, usia,pendapatan dan harga produk.   
Dari uraian tersebut di atas maka judul penulisan ini adalah: “Analisis perilaku konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian produk Mie Instan Merek indomie di toko yugo”.

1.2.Rumusan dan Batasan Masalah
Untuk mendapatkan gambaran mengenai pembahasan ini, penulis  hanya membatasi masalah,berdasarkan latar belakang permasalahan.Dan dapat ditarik perumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana keterkaitan pembelian produk  ditinjau dari faktor promosi, produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian?
2. faktor manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian?

1.3.Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka dapat disusun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk mie instan merek indomie.
1)apakah faktor produk, promosi dan harga produk terhadap keputusan pembelian?
2) faktor manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian?

1.4.Manfaat Penelitian
1.Bagi perusahaan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dan masukan bagi pihak perusahaan untuk mengetahui faktor dominan yang menjadi pertimbangan konsumen untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan sehingga pihak perusahaan akan dapat senantiasa menyusun strategi dalam rangka memenuhi harapan konsumen.

2.Bagi penulis, selain sebagai syarat menyelesaikan pendidikan, juga dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan bidang ilmu manajemen pemasaran, dan melatih penulis untuk dapat menerapkan teori-teoriyang diperoleh dari perkuliahan.

1.5. Metode Penelitian
Metode penelitian ini dilakukan dengan meneliti dan membaca bahan bahan
tertulis, yaitu bukuk-buku ilmiah yang memuat teori dalam penulisan
ilmiah ini,buku-buku pemasaran yang berhubungan dengan penulisan ini dan
membrowsing internet untuk mendapatkan data yang ter-update. Kemudian
informasi tersebut dianalisis, dibanding-bandingkan, dirumuskan, dan diambil
kesimpulan.
1.5.1. objek penelitian
Objek penelitian ini diambil dari konsumen/warga sekitar toko yugo pondok kelapa
1.5.2. Data/Variabel
A. Data Primer
Data yang diperoleh langsung dari konsumen/warga di sekitar toko yugo berupa jawaban terhadap pertanyaan dalam kuesioner.
B. Data Sekunder
Data yang diperoleh melalui data yang telah diteliti dan dikumpulkan oleh
pihak lain yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini.

1.5.3. Metode pengumpulan data
I. penyebaran Angket atau kuesioner
Metode ini dilakukan dengan terlebih dahulu menyusun daftar pertanyaan yang dibuat sedemikian rupa. Metode penelitian ini penulis membagikan angket kepada 30 responden atau warga di sekitar toko yugo pondok kelapa.
II. Observasi
Metode ini dilakukan penulis langsung pengamati dan memperhatikan secara cermat, mencatat dengan seksama warga di sekitar toko yugo menggunakan metode observasi, fakta dan data dicatat dengan baik guna melengkapi penulisan ilmiah ini.

1.5.4.hipotesis
Hipotesis ini merupakan jawaban sementara terhadap masalahpenelitian yang kebenarannya masih harus diuji secara empiris.Dari perumusan masalah, tujuan penelitian, landasan teori dan telah dituangkan dalam kerangka pikir, maka dapat ditarik hipotesissebagai berikut:
1.Diduga bahwa faktor produk,promosi dan harga produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk mie instan merk indomie.
2.Diduga bahwa faktor produk berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mie instan merk indomie

1.5.5.Alat Analisis Yang Digunakan
Dalam penelitian ini penulis menggunakan angket/kuisioner sebagai alat observasi pada konsumen

1. Skala Likert
Alat analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ilmiah ini adalah skala likert yaitu jenis skala yang digunakan untuk variable penelitian seperti sangat setuju, setuju, cukup setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju. Skala Likert memiliki kebaikan dimana terdapat keragaman tingkat kepuasan dengan bobot atau nilai pada setiap item jawaban yaitu
a. Sangat setuju           nilai     5
b. Setuju                      nilai     4
c. Cukup setuju           nilai     3
d. Tidak Setuju           nilai     2
e. Sangat tidak setuju  nilai     1

2. Analisis Regresi Berganda
Metode statistic yang digunakan untuk menentukan pengaruh antara satu variable independent yaitu harga, produk, & promosi terhadap variable dependen yaitu keputusan pembelian. Tujuannya adalah untuk memperkirakan variable independent berdasarkan nilai variable-variabel dependen
Rumus             =          y  = a + b1x1 + b2x2 + b3x3 +……+ bqxq
Dimana :
y                      =          Variable terikat ( dependen )
                        x1,x2,x3,x         =          Variabel bebas ( independent )          
a                      =          konstanta
b1,b2,b3,b4        =          Parameter koefisien di masing-masing peubah
bebas
            Analisis regresi linear berganda menganalisis pengaruh x1, x2,x3,….,xq terhadap Y dengan mengestimasi koefisien-koefisien a, b1, b2, b3,…bq


3. Analisis Koefisien Korelasi
Salah satu tehnik statistic yang dipergunakan untuk menganalisa 2 kejadian dengan menggunakan 2 variabel, yaitu antara variable independent & variable dependen. Intinya korelasi menganalisis hubungan variable independent terhadap variable dependen.
Rumus :
R(1,2,..) =         b1X1Y + b2X2Y + … + bqXqY
                                                          Y2
Dimana                       
R                     =          Nilai koefisien korelasi ( yang menunjukan
arah )
                        X                     =          Variabel Independen ( bebas )
                        Y                     =          Variabel Dependen ( terikat )
B(1,2…q)        =          Slope ( koefisien variable independent )

4. Koefisien Determinasi
Berguna untuk menganalisa seberapa besar pengaruh variable independent terhadap variable dependen
Rumus             =          R2 = (R)2
Berdasarkan hasil dari koefisien determinasi ini diterjemahkan kendala persentase (diproporsikan), agar dapat dengan mudah dianalisa seberapa besar pengaruhnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar