Minggu, 06 November 2011

nama: eko prasetyo
npm:16209162
kelas:3EA12
BAB III
3.1 Data dan sampel
Metode pengumpulan data
Dalam penelitian ini dibutuhkan data yang mendukung analisis. Data yang dimaksud adalah data sekunder yang bersifat time series dari tahun 2000-2008 dengan menggunakan data triwulanan. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari berbagai sumber antara lain :
1) Statistik Indonesia Publikasi Badan Pusat Statistik Indonesia.
2) Laporan triwulan kantor Bank Indonesia Palu.
3) Departemen Perindustrian Republik Indonesia.
4) Data yang di terbitkan ICCO (The Internasional Cocoa Organization).
5) Dinas perindustrian, perdagangan dan koperasi Sulawesi Tengah.

3.2 METODE PENENTUAN SAMPEL
Sampel yang di ambil oleh penelityian ini adalah dari hasil permintaan ekspor biji kakao Sulawesi Tengah oleh Malaysia, harga biji kakao, volatilitas harga biji kakao Internasional, inflasi Malaysia, kurs (exchange rate) Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat dan pertumbuhan ekonomi Malaysia.
3.3 VARIABEL INDIKATOR
Dalam penelitian ini definisi operasional masing-masing variabel determinan ekspor yang berasal dari sisi permintaan adalah sebagai berikut :
1) Ekspor biji kakao adalah total kuantitas biji kakao yang diekspor ke Malaysia oleh Sulawesi Tengah, dalam ton periode 2000.1-2008.4.
2) Harga biji kakao yang digunakan adalah harga biji kakao di tingkat eksportir di Sulawesi Tengah, dalam US $ per ton periode 2000.1-2008.4.
3) Volatilitas harga yang dimaksud adalah dengan menggunakan simpangan baku pergerakan harga biji kakao internasional berdasarkan data harga biji kakao yang dipublikasikan oleh International Cocoa Organization (ICCO) dalam US$.
4) Inflasi Malaysia sebagai negara tujuan ekspor biji kakao Sulawesi Tengah, yang dinyatakan, dalam %, periode 2000.1-2008.4.
5) Kurs exchange rate adalah nilai tukar mata uang suatu negara dinilai dari mata uang negara lain dalam penelitian ini yang dimaksud adalah kurs Dollar Amerika Serikat terhadap Rupiah Indonesia yang dinyatakan dalam satuan Rupiah perdollar Amerika Serikat, periode 2000.1-2000.4.
6) Pertumbuhan ekonomi Malaysia sebagai negara tujuan ekspor biji kakao Sulawesi Tengah, dalam % periode 2000.1-2000.4.
3.4 MODEL PENELITIAN
Model yang digunakan dalam analisis ini adalah model regresi berganda dengan pendekatan Ordinary Least Square (OLS). Formula model adalah sebagai berikut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar